Pipa PVC untuk Hidroponik kenapa harus yang putih ???

Pipa PVC untuk bercocok tanam dengan metoda hidroponik umum digunakan para hidroponik'ers yang berwarna putih. Pipa PVC berwarna putih harganya duakali lipat dari PVC berwarna hitam/ abu-abu namun para hidroponik'ers tetap menggunkan yang berwarna putih... Semua mungkin menyadari jika berwarna gelap cenderung mudah menyerap panas, namun saya penasaran apakah memang sangat sinifikan perbedaan panas antara dua jenis paralon tersebut... Akhirnya demi melenyapkan rasa penasaran dirakitlah sistem hidroponik dengan paralon berwarna abu-abu tersebut pada greenhouse dibelakang rumah.

Hasilnya memang sesuai perkiraan ketika dibandingkan panasnya sangat berbeda, pvc berwana hitam lebih panas mungkin bisa dua kali lebih panas dibanding pvc berwarna putih. Setelah terlanjur dipasang pada 2 sisi greenhouse maka keputusan untuk mengecat yang sudah difikirkan sejak awalpun dilakukan demi mengurangi panas pada pvc yang berpengaruh pada meningkatnya kadar panas pada nutrisi dan akar tanaman.

Akhirnya untuk instalasi berikutnya saya memakai paralon putih 😁  dari pada nambah kerjaan mengecat pvc yang lumayan ribet dan pertimbangan memang pvc berwarna putih kualitasnya jauh lebih baik walaupun bukan yang bermerek terkenal, maklum yang bermerek ternama harganya bisa 1 1/2 kalinya.

Semoga bermanfaat

Dikirim dari Windows Phone saya

Komentar

Postingan Populer